Posted By Superhero
Jangan Salah Pilih! Ketahui Jenis Panel Listrik Yang Pas Untuk Gedung Besar

Bangunan perkantoran yang besar dipusat kota berada diantara jejerang gedung tinggi yang megah lainnya. Tentu semua bagian dari bangunan berfungsi dengan baik dengan pemasangan instalasi listrik yang sesuai dengan kebutuhan. Tanpa perhitungan dan penggunaan listrik yang memadai maka bangunan tidak dapat berfungsi dengan baik. Kontraktor selain memastikan tata udara dan listrik sesuai dengan kebutuhan, ia akan memberikan rekomendasi yang dibutuhkan untuk menyesuaikan keadaan. Bila gedung perlu lebih banyak daya, maka kontraktor yang akan menyarankannya.

Pengaturan Jenis Panel Listrik Sesuai Ukuran Bangunan Gedung

Terdapat bermacam-macam jenis panel listrik sesuai komponen dan fungsinya. Panel listrik seperti genset portabel hanya bisa menyalakan beberapa lampu dan perangkat elektronik tertentu dan memiliki keterbatasan dalam memberikan tenaganya. Sedangkan untuk gedung besar, instalasi listrik lebih kompleks dan rumit. Karena ada hal yang saling berkaitan untuk menjadikan bangunan fungsional dan nyaman bagi penggunanya. Berikut adalah beberapa jenis panel listrik yang cocok untuk penggunaan gedung besar.

1. Panel LVMDP

Gedung besar membutuhkan pasokan listrik yang besar, untuk membagi power yang dimiliki dibagi pada beberapa sirkuit untuk dapat mencapai semua bagian bangunan gedung rata. Panel listrik PVMDP singkatan dari low voltage main distribution panel, atau diterjemahkan sebagai panel utama tegangan rendah (PUTR). Panel tersebut menerima tenaga listrik langsung (incoming) dari sumbernya secara bersamaan atau paralel. Dengan menggunakan tegangan yang rendah maka dapat lebih menghemat penggunaan listrik secara menyeluruh. Kelebihan lain dari panel listrik ini adalah kestabilannya dalam melakukan distribusi listrik. Dengan demikian dapat menghindari short circuit, atau adanya arus pendek yang berbahaya, kemungkinan koslet dan banyak kecelakaan lain yang dapat dihindari.

2. Panel Kontrol Genset

Bangunan besar menggunakan panel jenis ini umumnya sebagai tenaga listrik cadangan.Terdapat tiga bagian yang mengatur panel listrik genset. Tiap bagian memiliki fungsi dan komponennya sendiri yang terpisah. Namun tanpa ketiganya berfungsi pada waktu bersamaan maka panel kontrol tidak dapat berfungsi baik. Berikut adalah bagian dari panel kontro ganset tersebut.

  • Panel ATS (Automatic Transfer Switch). Sumber listrik dari PLN akan melalui bagian ini terlebih dahulu dan mengganti arus dengan enset secara otomatis.
  • Panel AMF (Automatic Main Failure). Pengatur untuk menyalakan dan mematikan genset secara otomatis. Apabila terjadi pemutusan, maka panel kendali akan menyalakan genset secara otomatis.
  • Panel Synchronizing. Bagian panel yang mempertemukan sumber listrik dengan unit generatornya. Bila terdapat banyak generator maka pendistribusikan dilakukan secara serentak dan pararel.

3. Panel Kapasitor

Panel sangat bermanfaat untuk diterapkan pada gedung yang besar. Power factor sangatlah besar dan mampu menangani kebutuhan gedung yang besar pula. Fungsi keunggulannya adalah kemampuan untuk menghindari kelebihan beban. Dengan demikian bisa dipastikan daya yang dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan. Penyebaran dayanya lebih efisien sehingga memberikan perlindungan ektra pada perangkat elektronik dalam ruangan.

Baca juga: Paving Blok yang Cocok untuk Halaman Rumah

4. Panel Distribusi

Kecenderungan kebutuhan listrik gedung besar adalah membagi listriknya. Seperti yang dilakukan oleh Panel yang mendistribusikan listrik ke berbagai sub unitnya. Panel listrik distribusi memiliki sistem pengaturan serta proses penyebaran tenaga yang aman.

Demikianlah beberapa bentuk panel listrik yang dapat digunakan untuk gedung besar dan tinggi. Semakin besar bangunannya makan penggunaan listriknya juga semakin besar. Kontraktor listrik akan memastikan pasokan listrik, penggunaannya serta fungsi sesuai dengan kebutuhan. Demikian kecelakan karena arus pendek atau kendala lainnya dapat dihindari.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caracas En Un Click