Instalasi Sensor Berat Pada Lift
Posted By Superhero
Yuk Cari Tahu! Berbagai Macam Bentuk Instalasi Sensor Berat Pada Lift

Pada era serba canggih ini lift biasa digunakan untuk gedung dan bangunan pencakar langit, seperti hotel, mall, perkantoran atau apartemen. Banyak orang yang sudah mengetahui bagaimana rasanya naik lift, tapi apakah mereka tahu instalasi dari lift itu sendiri? Tentu saja jawabannya tidak. Instalasi lift biasa dikerjakan oleh orang – orang yang ahli di bidang itu saja, seperti kontraktor mekanikal elektrikal. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas tentang berbagai macam instalasi sensor berat pada lift. Yuk langsung aja simak ulasannya dibawah ini.

Overload Protection Sensor Lift

Sesuai dengan namanya, sensor ini berfungsi untuk mendeteksi kelebihan berat pada lift. Apabila kapasitas orang – orang yang menggunakan lift melebihi batas aman yang sudah ditentukan, maka sensor ini akan mengeluarkan bunyi seperti alarm dan lift tidak mau bekerja secara sempurna untuk mengangkut jika muatan tidak segera diturunkan sesuai batasannya. Sensor ini sangat berguna sekali dalam membantu keamanan lift, agar terhindar dari kecelakaan.

Cara Kerja Sensor Berat Lift

Adapun cara kerja dari sensor berat lift adalah ketika orang mulai masuk ke dalam lift, maka sensor berat ini akan mulai bekerja dengan mendeteksi. Lalu sistem akan langsung melakukan aktivitas penimbangan pada beban semua orang yang berada di dalam lift. Pada saat beban orang yang di dalam lift tidak melebihi kapasitas, maka lift bisa bekerja secara normal dan berfungsi dengan aman untuk mengangkut muatan ke lantai yang telah dituju.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini Saat Akan Menempatkan Vas Bunga di Dalam Ruangan

Tetapi apabila terjadi kelebihan muatan pada lift, maka sensor berat akan mulai mendeteksi adanya kelebihan beban yang melebihi kapasitas yang telah ditentukan dengan cara otomatis memberikan peringatan melalui bunyi alarm pada pengguna lift tersebutPara mekanikal elektrikal sudah mengetahui sistem kerja dari lift sengan sangat baik, sehingga dapat memasang sensor ini pada lift sebagai bentuk pengaman.

Pemasangan Sensor Berat Pada Lift

Sensor berat menjadi salah satu hal terpenting dalam komponen lift. Jika tidak ada sensor ini, maka lift akan bekerja secara tidak beraturan dan sangat membahayakan para penggunanya. Untuk pemasangan sensor berat itu sendiri, biasanya kontraktor mekanikal elektrikal memasang sensor ini di sisi bawah kabin pada lift. Sistem kerja sensor berat itu sebenarnya sama seperti sistem kerja pada timbangan, dimana pada saat orang menginjakkan kakinya, maka berat mereka langsung akan terhitung secara otomatis.

Sensor berat atau overload protection sensor pada lift sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan orang – orang saat menggunakan lift. Oleh karena itu, jangan mengabaikan prosedur keamanan yang telah diterapkan para mekanikal elektrikal untuk para pengguna lift, seperti tidak boleh berdiri di depan pintu lift, tidak boleh melompat – lompat ketika berada di dalam lift atau memaksa naik dengan melebihi kapasitas yang telah  ditentukan.

Lift untuk kehidupan modern seperti sekarang ini sangatlah bermanfaat, sebagai penghemat waktu dan juga tenaga. Banyak sekali tombol – tombol yang digunakan dalam pemakaian lift ini supaya bisa sampai ke tempat yang di inginkan, selain itu berbagai sistem keamanan juga telah dipasang untuk menjaga supaya lift tetap aman ketika digunakan.  Dengan adanya sensor berat, diharapkan agar kecelakaan yang disebabkan oleh lift dapat berkurang dan para pengguna lift dapat menaikinya dengan nyaman tanpa rasa khawatir.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Caracas En Un Click