Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian? Adakah Efek Sampingnya?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian

Bagi kita yang tinggal di kawasan Asia Tenggara, durian sudah tidak asing lagi. Banyak dari kita sangat menikmati buah tropis yang unik ini, namun beberapa pertanyaan mungkin muncul di benak Anda selama kehamilan: “Bolehkah ibu hamil makan durian? Apakah aman untuk kehamilan? Apa manfaatnya?

Bisakah saya makan durian saat hamil?

Padahal, durian merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi. Tapi bisakah kita makan durian saat hamil? Ada banyak spekulasi tentang ini.

Di beberapa negara Asia, durian umumnya dijadikan makanan tabu bagi ibu hamil karena dipercaya dapat menyebabkan panas pada tubuh dan berdampak buruk bagi bayi. Meski tidak ada satupun bukti ilmiah yang membuktikannya.

Jadi bisakah ibu hamil makan durian? Jawabannya iya!

Durian sangat bermanfaat bagi ibu hamil karena mengandung vitamin dan mineral, serta organ sulfur dan triptofan yang kaya akan antioksidan.

Sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba membuatnya menjadi taruhan yang aman bagi wanita untuk makan selama kehamilan. Namun, ibu juga perlu berhati-hati karena mengonsumsi terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping yang sangat berbahaya.

Apalagi saat hamil, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter sebelum mengonsumsi durian. Jika dokter melarangnya, jangan meragukan pendapatnya!

Makan Durian Saat Hamil, Apa Manfaatnya?

Durian memiliki banyak kandungan yang sangat penting bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat buah durian saat dimakan saat hamil.

  1. Kaya akan serat

Banyak ibu hamil mengeluhkan sembelit akibat perubahan hormonal dalam tubuh. Durian bertindak sebagai pencahar alami dan membantu menghilangkan bahan kimia yang menempel di usus. Selain itu, durian juga melindungi selaput lendir karena didalamnya mengandung serat yang bisa mengurangi paparan racun dalam tubuh.

  1. Sumber folat yang baik

Durian kaya akan asam folat dan dapat membantu mencegah cacat lahir pada bayi. Anda bisa mendapatkan 9% kebutuhan asam folat harian Anda dengan mengonsumsi 100 gram durian.

  1. Kaya vitamin B

Durian juga mengandung banyak vitamin seperti riboflavin, niasin dan tiamin. Ini bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil secara umum.

  1. Kaya akan antioksidan

Buah durian mengandung zinc, triptofan dan organo-sulfur yang memiliki efek antioksidan. Artinya bisa melindungi ibu dan janin dari kontaminasi dan radikal bebas.

  1. Kaya vitamin C

Vitamin C tidak hanya membantu untuk sistem kekebalan tubuh, akan tetapi juga membantu ibu hamil dan bayi dalam kandungan menyerap kalsium dan zat besi.

  1. Kaya akan mineral

Buah durian juga kaya akan mineral, seperti zat besi, tembaga, mangan, dan magnesium, sehingga sangat bermanfaat bagi ibu hamil yang membutuhkan peningkatan suplai darah agar janin dapat tumbuh di dalam kandungan.

  1. Tanpa lemak jenuh

Durian tidak memiliki kolesterol atau lemak jenuh. Dengan kandungan garam yang rendah juga berarti membantu mengontrol tekanan darah selama kehamilan.

Artikel seputar kehamilan diatas hanya penjelasan singkat, untuk lebih detailnya silahkan ke Orami agar anda mendapatkan informasi yang detail.