Persiapkan Hal Ini Sebelum MPASI Pertama si Kecil

Persiapkan Hal Ini Sebelum MPASI Pertama si Kecil

Memberikan MPASI atau makanan pendamping ASI pertama bagi si Kecil tentu tak boleh sembarangan. Terdapat beberapa poin penting yang perlu Anda lakukan agar bayi mau untuk mencoba makanan pertamanya. Lantas apa saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum memberikan MPASI pertama? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Buatlah Jadwal Pemberian MPASI

Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI 2 hingga 3 kali sehari dengan diselingi makanan selingan sebanyak 1 hingga 2 kali. Anda dapat menerapkan batasan waktu makan 30 menit.

Untuk porsinya, Anda dapat mengawali dengan 2 hingga 3 sendok makan setiap satu kali makan. Secara perlahan, Anda dapat menambah porsinya sedikit demi sedikit hingga 1/2 mangkuk makan bayi.

Berikan Menu Lengkap

Ada baiknya Anda tidak menerapkan menu tunggal pada bayi 6 bulan, karena dapat meningkatkan risiko si Kecil mengalami defisiensi zat besi. Sebaliknya, Anda sudah dapat memberikan menu lengkap bagi si Kecil sejak hari pertama ia mulai mengonsumsi makanan padat.

Namun Anda tetap perlu memperhatikan tekstur makanan bayi agar tetap halus dan lembut, sehingga memudahkan si Kecil untuk mengunyah. Selain itu berikan sayuran dan buah-buahan sebagai makanan selingan, bukan sebagai makanan utama.

Hindari Penambah Rasa

Ketika memberikan MPASI pertama, Anda tidak perlu menambahkan penambah rasa seperti garam, gula, atau zat lainnya di menu MPASI si Kecil. Rasa makanan haruslah hambar atau tanpa rasa, dengan tekstur halus dan lembut, serta menggunakan bahan makanan yang aman sehingga tidak memicu alergi.

Perhatikan Cara Mengolah Makanan

MPASI dapat diolah dengan berbagai cara, mulai dari direbus, dikukus, atau bahkan digoreng bergantung dari menu yang Anda berikan. Mengolah makanan dengan cara digoreng perlu untuk Anda lakukan sesekali, karena buah hati Anda juga memerlukan lemak. Metode pengolahan makanan yang bervariasi ini bertujuan agar nafsu makannya meningkat sehingga ia lahap makan.

Waktu yang Tepat untuk Penggantian Menu

Ada baiknya Anda tidak mengganti menu MPASI dalam jangka waktu yang terlalu lama. Misalnya di minggu pertama Anda memberikan serealia dan buah, lalu di minggu kedua Anda ingin mengenalkan umbi dan sayuran.

Ada baiknya pilih salah satu jenis umbi dan sayur, berikan dalam jumlah bertahap selama tiga hari lalu ganti dengan menu MPASI lainnya. Lakukan hal tersebut seterusnya dengan menu lainnya.

Hindari Kesalahan ini Ketika Memberikan MPASI Pertama

  • Jangan terlalu cepat memberikan MPASI kepada bayi yang belum memasuki usia 6 bulan.
  • Hindari memberikan jus buah kepada bayi yang belum berumur 1 tahun, karena jus buah tidak memiliki mineral dan vitamin yang cukup bagi si Kecil.
  • Hindari memaksa si Kecil untuk makan lebih banyak ketika ia sudah menunjukkan sinyal kenyang seperti memalingkan wajah. Memaksanya untuk makan lebih banyak justru dapat merusak kemampuan alaminya dalam mengatur porsi makannya.

Itulah persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum memberikan MPASI pertama si Kecil. Semoga bermanfaat.