Susu Untuk Anak Yang Alergi Susu Sapi

Susu Untuk Anak Alergi Susu Sapi

ASI merupakan salah satu sumbe nutrisi terbaik terutama bagi bayi yang baru lahir hingga 6 bulan usia pertamanya. Namun terkadang pemberian ASI tidak maksimal karena kondisi ibu yang tidak memungkinkan sehingga terpaksa harus dibarengi dengan pemberian susu formula untuk bayi. Hanya saja beberapa anak mengalami reaksi alergi susu sapi sehingga ibu harus memberikan susu untuk anak alergi susu sapi yang tepat.

Reaksi alergi susu sapi terjadi karena protein susu sapi dianggap sebagai zat asing bagi sistem imun si kecil sehingga tidak bisa diterima yang kemudian menimbulkan reaksi alergi. Alergi susu sapi memang umum terjadi saat bayi mengonsumsi susu formula dengan bahan utama dari susu sapi, namun alergi juga bisa muncul ketika anak mengonsumsi produk turunan dari susu sapi seperti keju dan yogurt.

Bukan hanya itu saja, alergi bukan hanya muncul pada bayi yang mengonsumsi susu formula susu sapi namun juga bagi bayi yang mendapatkan ASI ekslusif namun mengandung susu sapi. Kandungan susu sapi di dalam kandungan ASI terjadi karena ibu mengonsumsi susu sapi sehingga protein tersebut dapat tersalurkan ke bayi melalui ASI.

Umumnya reaksi alergi susu sapi ini akan hilang seiring bertambahnya usia si kecil karena sistem imunnya yang akan terus berkembang hingga sempurna dan sudah bisa menerima protein susu sapi. Maka dari itu alergi susu sapi ini lebih sering dialami oleh bayi berusia di bawah 1 tahun. Apabila anak mengalami alergi susu sapi, ibu bisa memberikan susu untuk anak alergi susu sapi

Reaksi alergi susu sapi yang ditimbulkan yaitu gejala saluran cerna seperti mual, kolik, diare, kram perut, dan muntah, gejala kulit seperti ruam, merah, dan gatal-gatal,  dan gejala saluran pernapasan seperti sesak napas. Alergi susu sapi juga dapat berdampak negatif pada pertumbuhan dan perkembangan si kecil bahkan dapat menimbulkan reaksi alergi lainnya di kemudian hari.

Solusi Bagi Anak yang Alergi Susu Sapi

Sebagai pengganti susu formula susu sapi, ibu bisa memilih jenis susu di bawah ini :

  1. Susu formula hidrolisat ekstensif

Susu formula ini masih mengandung protein susu sapi hanya saja sudah dipecah menjadi ukuran yang lebih kecil. Sebagian bayi yang alergi susu sapi dapat mentolerasnsi jenis susu formula ini.

  1. Susu formula asam amino

Susu ini mengandung asam amino yang merupakan bentuk paling sederhana dari protein. Asam amino merupakan pilihan terbaik bagi anak yang alergi susu sapi terutama yang menimbulkan gejala alergi berat.

  1. Susu formula soya atau susu kedelai

Susu untuk anak alergi susu sapi yaitu susu formula soya menggunakan protein kedelai sebagai pengganti protein susu sapi hanya saja tidak disarankan untuk bayi berusia di bawah 6 bulan bahkan disarankan untuk di atas umur 1 tahun tergantung reaksi anak. Ibu bisa memberikan Nutrilon Royal Soya yang memiliki kandungan lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.